Senin, 28 April 2008

Masyar


Masyar, sebuah kata yang aneh dan sulit untuk memaknainya.
kata itu muncul begitu saja ketika saya mencari sebuah kata padanan untuk menandai tulisan-tulisan saya. Kata masyar berasal dari nama panggilan saya sewaktu kecil yaitu mas Achyar. Sebuah panggilan khas 'orang jawa' untuk menghormati pada yang lebih tua.

Saya terlahir dengan nama Achyar thok, nggak ada embel-embel lain dibelakangnya. Saya juga tidak begitu paham dengan arti nama saya tersebut dan kenapa nama saya begitu pendek dan berbau kearab-araban, padahal saya orang jawa tulen. Tapi menurut Bapak saya nama tersebut adalah pemberian kakek saya (Alm. Kyai Moesman), seorang kyai/ulama ahli falaq (ilmu perbintangan) yang cukup terkemuka di kota Semarang (kota kelahiran saya). Kakek saya meninggal tahun 1971 ketika saya masih berumur 5 tahun, sehingga saya tidak sempat untuk menanyakan secara langsung tentang nama saya tersebut.

Di kota kelahiran saya, nama saya terdengar agak aneh. Maklum dilingkungan orang jawa yang kental dengan budaya jawa. Hampir semua nama laki-laki selalu menggunakan huruf 'o' dibelakang namanya (Suharto, Sukarno, Prawiro, dll), tapi nama saya agak terdengar aneh ditelinga orang jawa.

Saya juga memiliki kesulitan saat memperkenalkan diri pada rekan-rekan saya, ketika saya menyebutkan nama, maka mereka akan kesulitan untuk segera mengingat dan menghafalnya. Butuh waktu beberapa lama untuk bergaul agar dapat mengingat dan menghafal nama saya.

Sampai saat remaja saya merasakan betapa pendeknya nama saya dan sangat asing ditelinga orang Indonesia. Sampai-sampai saya harus menambahkan huruf MS (inisial dari nama orang tua saya), agar terlihat lebih 'wasis', lebih pantes, dan lebih enak untuk didengar. Dengan begitu saya memperkenalkan diri dengan nama Achyar. MS, kelihatan lebih keren dan lebih percaya diri dibanding nama saya sebelumnya, hehehe...

3 komentar:

Zainulmunir mengatakan...

wah gaya bahasa mantap pak..jadi sungkan ama putune pak kyai nihhh..dan juga pesan moral nih pak..mari kita marakkan blog demi mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara pengekspor pembantu dan kuli ini menjadi pengekspor tenaga ahli dan manajer.amin

Achyar MS mengatakan...

setuju sama cak munir...

Unknown mengatakan...

maaf ya saya saja mau memberikan info tentang arti dan maksud nama ACHYAR...nama anak saya pun ACHYAR....AHMAD ACHYAR. yang memberikan nama kepada anak saya itu adalah uncle dari sebelah suami saya. bila suami saya tanya apa arti dari nama ACHYAR itu. Nama ACHYAR itu adalah nama salah seorang Malaikat. yang tugas Malaikat itu adalah selalu menyampaikan salam kepada Nabi2. itu yang dikata uncle saya. tapi apapun nama ACHYAR itu satu nama yang unik yang jarang orang dengar dan yang susah orang menyebutnya atau memanggilnya.