Senin, 27 September 2010

Basiyo, Legenda dagelan Mataram

Pernah dengar Basiyo?. Kalo belum tahu, Pak Basiyo adalah pelawak yang terkenal akan dagelan mataramnya yang cukup terkenal di era 80-an. Akhir-akhir ini saya suka mendengarkan mp3 basiyo.

ini info dari wiki http://id.wikipedia.org/wiki/Basiyo

Saya sangat suka dengan dagelan-dagelan pak Basiyo. alasan saya suka mendengar lawakan pak bas (sebutan untuk basiyo) ini, adalah lawakannya yang bermutu, beda dengan lawakan-lawakan jaman sekarang. Lawakan jaman sekarang sering menonjolkan hinaan-hinaan ke orang lain, bahkan mengejek fisik, sementara lawakan pak bas ini hmmm… gimana ya bedalah pokoknya :D . Lawakan Pak Bas ini sering juga banyak hikmah yang dapat diambil .

basiyo
Yang paling membuat saya suka adalah, dalam setiap pentasnya, selalu menunjukkan kehidupan yang sederhana atau sebagai rakyat kelas bawah, sangat pas dengan keadaan di Indonesia, hiburannya dapat diterima seluruh masyarakat. Bahkan rakyat kecil yang mendengarnya pun merasa terhibur sekaligus bersyukur .Lihat saja hiburan-hiburan saat ini, di sinetron selalu menunjukkan kehidupan masyarakat kelas atas, kalaupun ada yang miskin, selalu diceritakan jahat atau menderita tertindas. Acara berita pun tidak membantu, kebanyakan hanya mengeksploitasi penderitaan rakyat bawah. Entahlah, acara TV sekarang tidak memberi hiburan yang mendidik atau setidaknya memberikan semangat pada jiwa pemirsanya.

Ini contoh percakapannya,

#1
Basiyo pas jadi tukang becak pamer jam tangannya
“Niki jam sing istimewa, sakplek le kulo tuku mboten tau nglanggar jam sepuluh , jam sanga terus…”

#2
Basiyo menceritakan riwayat ibunya kepada anaknya
Basiyo : “Lha mbokmu kuwi kan turunan indo”
Anake : “Indo niku nopo to pak?”
Basiyo : “Indo kuwi, bapake mbokmu kuwi lak jowo”
Basiyo : ibune gembel….

#3
Basiyo: Arep golek iwak,sik-sik,ngko gek2 iwake prei….

#4
Ngadimin ketemu Istrinya Basiyo
“Mpun, sampeyan mboten usah layat mrika, mangke men yen njenengan pun sedha”

/”Oh iya le, matiku suk selasa kliwon, le”
“Lho, Lha kok njagani”

/”Hooh nggolek dino sing angker nggo mrimpeni kowe”

Gabung saja di fansnya pak bas di facebook http://www.facebook.com/basiyo

Disitu cari saja link-link nya MP3 basiyo. Yang paling saya suka adalah judul mBecak , terhibur deh pokoknya. Walaupun waktu itu saya masih anak-anak dan sekarang Pak Bas sudah lama tiada, tapi karyanya tetap melegenda sampai sekarang.

Tidak ada komentar: